Cara Membersihkan Kaca Mobil Cara Membersihkan Kaca MobilMobil yang lama diparkir atau tidak terpakai setelah liburan misalnya, tentu akan diselimuti dengan debu. Begitu pula pada bagian kaca mobil, debu yang tebal serta kerak sisa air hujan atau kotoran tentu membuat tampilan kurang menarik dan mengganggu kenyamanan berkendara. Mencuci mobil dan kaca memang dapat membersihkan semua kotoran tersebut. Hanya saja, untuk kaca, perlu sedikit aktifitas tambahan agar kaca mobil kembali kinclong.

Tak sulit untuk membersihkan kaca mobil dari debu, kerak atau kotoran yang membandel. Yang dibutuhkan hanya sedikit waktu luang, cairan pembersih kaca mobil atau biasa disebut GLASS CLEANER, lap chamois dan juga lap microfiber. Berikut langkah cara melakukannya.

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah tentu memastikan kaca dalam kondisi bersih atau tidak terlapisi oleh debu yang tebal. Sebaiknya memang dilakukan setelah anda mencuci mobil secara keseluruhan. Lalu parkirkan mobil di tempat yang tidak terpapar oleh cahaya matahari secara langsung. Sama seperti cara mencuci mobil, sebaiknya aktifitas ini memang dilakukan pada pagi atau sore hari saat matahari tidak terlalu terik.

Selanjutnya, tuangkan sedikit cairan stain remover yang sudah disiapkan pada kain microfiber. Lalu gosokkan pada sedikit bagian kaca dengan gerakan yang memutar dan agak ditekan, khususnya pada bagian yang terdapat kerak. Lakukan hingga kerak mulai hilang, namun jangan terlalu lama dan jangan sampai cairan stain remover mengering dan menempel pada kaca.

Sebelum cairan mengering, proses pembersihan dapat dilanjutkan dengan menyiram kaca menggunakan air mengalir sambil dilap dengan lap chamois. Hal ini dilakukan untuk memastikan kaca sudah benar-benar bersih dan tidak terdapat lagi kerak atau kotoran yang menempel.

Setelah semua proses dilakukan, maka langkah terakhir adalah mengeringkan kaca dan menghilangkan sisa-sisa air yang masih terdapat di permukaan kaca. Proses ini dapat dilakukan dengan menggunakan chamois, atau lebih baik lagi jika menggunakan lap microfiber yang bersih. Jika saat mengeringkan anda masih melihat ada kerak atau kotoran yang tersisa, anda dapat mengulangi proses di atas sekali lagi hingga permukaan kaca benar-benar bersih dan bening kembali.

Cara tersebut cukup ampuh untuk membuat kaca menjadi bersih dan bening. Namun untuk menghilangkan jamur kaca mobil anda, cara di atas masih kurang efektif. Meski begitu, bukan berarti jamur kaca yang membandel tidak bisa hilang. Hanya saja anda harus bekerja sedikit lebih keras dibandingkan membersihkan kotoran dan kerak biasa.