Cara Membersihkan Kotoran Menempel Pada Cat Mobil Cara Membersihkan Kotoran Menempel Pada Cat MobilMemiliki mobil yang bersih dan selalu terlihat mengkilap menjadi suatu kebanggaan tersendiri. Jadi jangan heran kalau ada orang yang selalu melihat detail bagian kendaraan dan terganggu dengan kotoran yang membandel dan sulit dihilangkan. Biasanya, kotoran yang muncul dalam perjalanaan berupa sisa aspal, lumpur atau juga serangga yang menempel. Kotoran tersebut tentu cukup mengganggu penampilan.

Sebenarnya, kotoran-kotoran tersebut tidak terlalu sulit untuk dihilangkan. Yang terpenting adalah kita mau bersabar melakukan tahapan-tahapan untuk membersihkannya secara perlahan. Apabila dilakukan terburu-buru, proses yang dilakukan dapat membuat kotoran tersebut justru lebih sulit dihilangkan. Atau lebih parah lagi, kita justru merusak cat mobil anda.

Untuk itu, berikut ini beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menghilangkan kotoran membandel yang menempel pada permukaan cat mobil anda.

Cuci Mobil Dengan Sabun Khusus Mobil
Hal pertama yang perlu dilakukan tentu dengan mencuci mobil anda hingga bersih menggunakan sabun khusus mobil. Jika sudah selesai dan masih ada kotoran membandel, gunakan kain lap yang lembut dan beri sedikit sabun mobil (yang belum dcampur air) dan lakukan proses pengelapan kotoran tersebut dengan gerakan memutar. Kemudian bersihkan dengan lap lembut yang bersih.

Gunakan Wax pembersih
Jika proses di atas tidak berhasil dan noda masih membandel, anda dapat mencoba menggunakan wax pembersih untuk mengusir noda tersebut. Biasanya, noda ini adalah noda aspal jalan atau juga tar. Proses yang dilakukan juga tidak boleh terburu-buru dan lakukan secara bertahap. Anda akan dapat melihat noda secara perlahan mulai pudar dan menghilang dari permukaan cat.

Bug & Tar Remover
Jika kotoran yang menempel pada kaca dan panel mobil anda adalah serangga (atau kotorannya) dan tar, amda dapat memanfaatkan cairan pembersih serangga untuk cat mobil yang banyak dijual di toko peralatan otomotif. Cara menggunakannya sama dengan alat untuk perawatan cat mobil lainnya. Tuangkan sedikit cairan pembersih pada kain lap, lalu poleskan pada bagian cat mobil yang terkenda noda serangga. Lakukan pemolesan dengan gerakan memutar secara perlahan. Ulangi jika hasil dirasa kurang maksimal.