Cara Merawat Cat Motor Tetap Kinclong Cara Merawat Cat Motor Tetap KinclongPenampilan itu memang nomor satu dan pastinya hal tersebut juga berlaku untuk motor anda. Walaupun motor anda orisinil dan tidak dimodif, penampilan motor anda juga bisa tetap menarik, asalkan tahu bagaimana cara merawatnya, terutama pada bagian catnya. Berikut adalah tips bagaimana cara merawat cat motor agar tetap kinclong dan menarik lebih lama.

1. Rusaknya cat pada motor biasanya diakibatkan karena proses pencucian motor yang kurang baik, seperti penggunaan sabun untuk mencuci yang kurang cocok. Sabun colek atau detergent yang digunakan untuk menghilangkan noda/kotoran pada kain, sehingga kandungan zat-zat kimianya pastilah sangat keras dan bisa merusak cat motor. Selain itu, sabun colek atau detergent sulit larut dalam air, sehingga sisa sabun yang terbawa sponge beresiko menyebabkan timbulnya goresan/lecet pada permukaan cat. Selalu gunakan shampo motor ketika mencuci motor, karena zat-zat kimia yang digunakan telah disesuaikan agar tidak merusak warna cat.

2. Proses pengeringan yang tidak sempurna juga dapat membuat cat motor anda menjadi rusak, karena bercak air yang tertinggal bisa menyebabkan timbulnya noda air dan jamur yang nantinya sangat sulit untuk dihilangkan. Maka dari itu, setelah mencuci motor pastikan kamu mengeringkan motor kamu sampai ke bagian celah-celah motor, dan selalu gunakan chamois/kanebo yang bersih untuk mengeringkan motor agar permukaan cat tidak tergores dan kering dengan sempurna.

3. Hindari parkir di area terbuka (tanpa atap) dalam waktu yang lama, karena terik sinar matahari, air hujan, dan embun bisa membuat warna cat motor anda menjadi kusam dan bisa menimbulkan karat pada bagian motor yang terbuat dari logam. Hal tersebut bisa anda atasi dengan cara menutupi motor menggunakan sarung motor khusus apabila sedang parkir di area terbuka dalam waktu yang cukup lama.

4. Janganlah terlalu sering mengunakan cairan khusus untuk mengkilapkan body motor, karena apabila terlalu sering maka lama-kelamaan lapisan cat pada body motor anda akan terkikis sehingga warna cat akan menjadi pudar atau luntur.

5. Pemasangan stiker motor yang berlebihan sebenarnya juga kurang baik untuk cat motor. Ketika stiker tersebut dicopot atau terlepas, lapisan pelindung cat pada body motor akan ikut terlepas dan dapat meninggalkan bekas yang akan jelas terlihat pada body motor kita. Walaupun bekasnya kecil tapi jika berjumlah banyak, akan membuat tidak enak juga untuk dilihatnya.

Nah mulai sekarang anda harus memperhatikan kondisi tampilan motor anda agar motor itu tampak selalu seperti baru…