Manfaat Dan Cara Menyemir Ban Mobil Yang Benar Manfaat Dan Cara Menyemir Ban Mobil Yang BenarDari semua komponen mobil, ban adalah satu-satunya komponen yang bersinggungan langsung dengan media jalan (aspal, tanah, pasir dan lainnya). Hal ini berarti ban memiliki peranan yang penting, tidak hanya soal kenyamanan dan tampilan tapi juga tentang keselamatan anda saat berkendara.

Ban yang kurang diperhatikan, dapat berkurang elastisitasnya sehingga mudah bocor atau meledak. Maka dari itu, ban juga butuh perawatan khusus seperti salah satunya dengan menyemir ban mobil. Dari beberapa sumber, setidaknya ada 3 manfaat menyemir ban mobil secara rutin. Untuk membersihkan ban dari kotoran yang membandel, membuat ban tampak seperti baru dengan lebih hitam pekat sesuai warna karet ban aslinya, dan tentu saja memberikan perawatan agar ban tetap terjaga elastisitasnya.

Dilihat dari material atau bentuknya, semir ban mobil yang umumnya ada di pasaran terbagi menjadi tiga jenis. Semir ban berbentuk cairan dengan menggunakan silikon, yang dikemas dalam bentuk spray dan juga yang berbentuk wax. Untuk semir ban yang bentuknya cairan dengan silikon biasanya banyak dipakai di tempat cuci mobil. Penggunaannya juga cukup mudah. Setelah mobil dicuci bersih, maka anda tinggal mengoleskan cairan semir ban tersebut ke ban mobil dengan merata. Biasanya, pegawai pencucian mobil akan menggunakan kuas agar lebih mudah mengoleskannya. Efek dari semir jenis ini biasanya lebih ke tampilan ban yang tampak lebih hitam seperti baru.

Selanjutnya adalah semir ban jenis spray yang juga mudah didapatkan, bahkan di toko-toko swalayan. Selain memberikan efek tampilan karet ban yang hitam pekat, semir jenis spray ini juga biasanya efektif untuk membersihkan ban dari kotoran yang membandel. Penggunaannya juga cukup mudah dan tidak perlu mencuci mobil, atau ban secara keseluruhan. Asalkan ban tidak terlalu kotor, cukup semprotkan cairan semir ban ke seluruh media ban hingga merata dan diamkan selama beberapa saat. Selanjutnya, gosok dengan menggunakan sikat sampai kotoran-kotoran menjadi hilang dan ban bersih kembali. Terakhir, anda tinggal menyiramkan air bersih untuk menghilangkan busa kotor sisa semir ban tersebut.

Yang terakhir dan dianjurkan untuk rutin dilakukan adalah menyemir ban mobil dengan jenis semir yang mengandung wax. Biasanya, model semir ban seperti ini dijual dengan paket sponge untuk mengaplikasikan semir ban tersebut. Caranya juga mudah, asalkan ban tidak terlalu kotor anda dapat langsung menuangkan cairan wax semir ban ke sponge yang ada, lalu oleskan pada dinding ban hingga merata. Mungkin sedikit butuh tenaga karena anda perlu sedikit menggosok untuk menghilangkan kotoran yang membandel. Selain membersihkan dan memberikan tampilan yang lebih pekat, semir ban jenis wax juga bermanfaat menjaga elastisitas karet dinding ban mobil agar tidak mudah pecah-pecah atau getas.