Memulai Bisnis Cuci Mobil atau Motor Memulai Bisnis Cuci Mobil atau Motor

Seiring bertambah besarnya pertumbuhan jumlah kendaraan bermotor di Indonesia, banyak sekali orang – orang melihat ini sebagai kesempatan untuk berwirausaha. Contohnya bukan hanya pedagang sparepart dan bengkel saja dapat menikmati kondisi ini, tetapi juga salah satu diantaranya adalah usaha jasa pencucian mobil atau motor. Dengan semakin banyaknya kendaraan roda dua dan roda empat yang ada di Indonesia, menjadikan bisnis cuci mobil atau motor ini sangat potensial untuk dikembangkan. Coba kita lihat di sekitar anda, berapa buah kendaraan yang dimiliki oleh masing-masing rumah tangga di sekitar lingkungan tempat tinggal anda?
Ada satu, dua bahkan ada dalam satu keluarga yang punya empat buah kendaraan bahkan lebih. Inilah salah satu peluang usaha cuci mobil atau motor yang berpotensi bagus untuk anda jalankan. Apalagi jika anda tinggal di kawasan yang berpenduduk cukup padat.
Yang pertama menentukan adalah pemilihan lokasi yang tepat. Kenapa lokasi harus strategis? Dikarenakan lokasi yang di pilih harus mudah di jangkau dan bisa dilihat oleh banyak orang. Semakin mudah lokasi di jangkau dan banyak di lihat oleh banyak orang maka bisnis ini akan memiliki peluang yang semakin bagus. Dan tentu saja, selain dari dua hal tadi hal yang perlu di perhatikan juga adalah lokasi harus memiliki sarana atau sumber air yang cukup untuk jasa mencuci.
Biasanya air yang di gunakan, mengunakan mengunakan air sumur yang mempunyai kandungan air garam yang rendah atau air yang terlihat jernih.

Jika itu sudah anda tentukan, tahap selanjutnya adalah menyiapkan alat – alat yang di butuhkan seperti :

1.Tabung salju

Tabung Salju adalah alat yang dipergunakan untuk menghasilkan busa salju. Tabung salju hanya membutuhkan angin dan tidak membutuhkan daya listrik. Angin bisa di dapat melalui kompresor angin yang dapat mensuplai angin.

2.Kompressor angin

Kompresor angin dalam bisnis cuci mobil atau motor ini biasa digunakan untuk menggerakan hidrolik mobil atau motor, isi angin ban kendaraan, membantu proses pengeringan sela kendaraan, dan lainnya.Untuk jenis kompresor itu tergantung dari seberapa besar tempat pencucian mobil atau motor anda. Untuk pencucian mobil atau motor yang menggunakan hidrolik bisa mengunakan jenis kompresor angin dengan ukuran 2HP atau 3HP.

3.Mesin Pressure Air atau Mesin Steam air

Mesin Preasure Air atau Mesin Steam air digunakan untuk meninggikan tekanan / semprotan air ke kendaraan, supaya kotoran-kotoran yang melekat bisa terkikis dan mudah dibersihkan.Dan beberapa peralatan lainnya yang dibutuhkan antara lain Vacum Cleaner, air gun pengeringan, lap, kanebo, selang, dan lainnya.

Jika Anda mempunyai modal lebih, dan ingin menarik perhatian para pemilik mobil atau motor, anda harus menyediakan hidrolik untuk mengangkat mobil atau motor agar bisa membersihkan bagian chasis / bawahnya. Sementara, jika modal anda tidak mencukupi, anda boleh melupakan alat-alat di atas, dan hanya menggunakan selang biasa untuk semprot mobil atau motor, tapi harus kerja lebih giat dalam mencuci mobil atau motor agar benar-benar terlihat kinclong.